Amlapura (Antara Bali) - Bupati Karangasem I Wayan Geredeg memohon kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar Jalan Bypass IB Mantra yang sudah dibangun dari Denpasar bisa terus berlanjut tembus hingga daerah ujung timur dan utara Bali.

"Proses pembangunan yang hingga kini baru menjangkau Kabupaten Klungkung, nantinya dapat terus dilanjutkan hingga ke daerah ujung timur dan utara Bali," kata Bupati Wayan Geredeg saat peresmian pusat induk ikan pembenihan (broodstock) udang di Desa Bugbug, Karangasem, Senin.

Pada peresmian yang dilakukan Presiden SBY serta didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad itu, Bupati Geredeg berharap dengan adanya jalan tembus hingga Bali timur dan utara, akan meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat.

"Selain jalan, kami juga berharap Bapak Presiden dapat mengucurkan bantuan untuk kemajuan wilayah Karangasem," ucapnya.

Bupati Geredeg juga melaporkan pembangunan yang dibiayai APBN yang hingga kini belum rampung seluruhnya, antara lain pengembangan dermaga kapal pesiar atau cruise di Tanah Ampo serta pipanisasi air bersih, sehingga masih membutuhkan bantuan pemerintah pusat.

"Selain itu kondisi pantai di Karangasem juga sangat memprihatinkan akibat kikisan ombak yang dahyat. Untuk itu perlu bantuan kucuran dana dari pusat, karena daerah belum mampu menangani," katanya.

Bupati asal daerah Sibetan itu juga menjelaskan keberhasilan pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat yang dapat dicapai selama ini.

Mengutip  hasil survei sebuah lembaga independen, menurut Geredeg tahun 2005-2010 kemiskinan di Karangasem sudah berkurang cukup banyak.

"Karangasem sudah dinyatakan bebas dari ketertinggalan. Kami bangga karena pemerintah pusat masih terus 'menuntun' dengan mengucurkan berbagai dana," ucapnya.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang hadir dalam acara tersebut, justru mengaku sangat terkejut karena gelandangan dan pengemis atau gepeng yang ada selama ini justru banyak berasal dari Karangasem.

"Awalnya saya tidak percaya gepeng berasal dari Karangasem, namun setelah saya turun langsung ternyata benar," ujarnya.

Menyikapi pengaduan itu, Presiden SBY meminta menteri-menterinya agar mempelajari permintaan Bupati.

"Untuk pembangunan dermaga akan menjadi prioritas karena penting dalam upaya menggerakkan ekonomi daerah ini dan sekitarnya," katanya.(*)