Bali Promotion Center

Bali Promotion Center
Bali Promotion Center Media Promosi Online

December 14, 2010

Tari Baris Gede Didaftarkan Ke UNESCO


Beritabali.com, Tampaksiring, Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata merencanakan untuk mendaftarkan Tari Baris Gede asal Bali sebagai salah satu Tari Asli Indonesia khususnya Bali ke Lembaga pendidikan dan Kebudayaan dunia (UNESCO). Tari Baris Gede ini menurut rencana akan diajukan ke UNESCO pada tahun ini.

Pendaftaran Tari Baris Gede ke UNESCO ini bertujuan untuk melindungi seni budaya Bali. Selain itu juga untuk menghindari klaim negara lain terhadap Tarian asli Bali tersebut.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik pada keteranganya di Tampaksiring Gianyar mengatakan rencana pendaftaran Tari baris Gede ke UNESCO kini dalam tahap pengumpulan data dan dokumen sejarah tari. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan UNESCO bahwa Tari tersebut benar-benar tari hasil karya masyarakat Bali.

“Perlu data-data pelengkap sehingga ketika ditanya kita mempunyai berbagai informasi yang dibutuhkan” ucap Jero Wacik.







Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menyebutkan selain Tari Baris Gede, Kementrian kebudayaan dan Pariwisata juga merencanakan untuk mendaftarkan Angklung dan Tari Saman ke UNESCO.

Selain itu beberapa tari lainnya dari beberapa daerah di Indonesia secara bertahap juga direncanakan untuk didaftarkan ke Unesco.(mlt)

We wish you a joyous Christmas 2010

Merry Christmas 2010 and Happy New year 2011

Post a Comment