Bali Promotion Center

Bali Promotion Center
Bali Promotion Center Media Promosi Online

February 16, 2011

Bupati Tebar Ikan di Kolam RumdinTabanan

(Bali Post) -
Memasyarakatkan makan ikan tidak boleh berhenti pada tataran program dan konsep. Langkah nyata sangat dibutuhkan. Menjawab hal itu, Rabu (16/2) kemarin, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa menebar 2.500 ekor benih ikan lele dumbo pada kolam yang dibuat di halaman belakang rumah dinas (rumdin) setempat.

Usai menebar ikan, Bupati Eka Wiryastuti mengungkapkan, memasyarakatkan makan ikan tidak boleh hanya dibicarakan, namun harus dilakukan langkah nyata. ''Salah satunya ya... kami harus memberikan contoh. Dan, kepada semua SKPD di Tabanan kami juga berharap bisa memberikan contoh kepada lingkungannya,'' ujarnya.


Kegiatan ini, kata Bupati Eka WIryastuti, guna memberikan motivasi kepada masyarakat untuk membudidayakan ikan, memanfaatkan lahan yang ada dengan maksimal, memenuhi permintaan pasar yang ada dan yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan status gizi masyarakat.


''Dalam upaya kita mewujudkan Tabanan yang Serasi, kesehatan masyarakat memang harus mendapatkan perhatian serius tanpa mengesampingkan bidang lainnya. Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, faktor gizi sangat penting,'' imbuhnya.




Lampaui Target


Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa di sela-sela penebaran benih ikan tersebut mengungkapkan, pada tahun 2010 lalu pihaknya berhasil melampaui target terpasang, khususnya ikan budi daya. Dari target 1.095 ton terealisasi 1.099 ton. Sementara untuk ikan tangkapan, terealisasi 606 ton dari target 604 ton. ''Dengan kerja keras dan kerja sama semua pihak, kami bersyukur target bisa kami capai, bahkan melampaui target. Rata-rata di atas seratus persen,'' ujarnya sumringah.


Wirna menambahkan, untuk ikan budi daya, jenis ikan yang dibudidayakan masyarakat antara lain ikan lele, nila, gurami dan udang galah. Khusus untuk lele, di samping biaya produksi murah, permintaan pasar juga cukup tinggi. ''Masyarakat kami harapkan ikut termotivasi membudidayakan lele dumbo ini karena biaya produksi murah dan pasarnya sangat bergairah,'' ungkap Wirna.


Pada kesempatan itu, Bupati Eka Wiryastuti juga menebar 2.500 ekor benih ikan lele dumbo pada kolam berukuran 3 x 4 meter. Dalam waktu dua bulan ke depan diharapkan bisa memproduksi lele dumbo sebanyak dua kuintal. (kmb)




 Happy New year 2011
Post a Comment