Bali Promotion Center

Bali Promotion Center
Bali Promotion Center Media Promosi Online

May 16, 2011

Pemkab. Gianyar Serahkan Subsidi Pupuk dan Bantuan Benih



Pemerintah Kabupaten Gianyar serahkan subsidi pupuk dan bibit senilai Rp.3.992.695.000,- kepada para petani di Kabupaten Gianyar. Hal tersebut terungkap dalam acara Penyerahan Subsidi Pupuk Dan Benih di Wantilan Pura Er Jeruk pada hari jumat pagi (13/5).


Dalam kesempatan tersebut hadir pula Dirjen Pemasaran Sarana Pertanian Kementerian RI, Dr. Ir. Gatot Irianto, M.S. untuk menguji langsung alat Tabela (tanam benih langsung) hasil ciptaan salah satu petani Gianyar.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir.I Gusti Ayu Dewi Hariani, M.Si mengatakan untuk tahun 2011 pemberian subsidi pupuk dan bantuan bibit untuk luas 14.790 Ha. Pemberian subsidi pupuk diharapkan dapat membantu petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk yang berimbang. Pemberian bantuan bibit unggul juga diharapkan dapat semakin meningkatkan hasil pertanian petani. Dewi Hariani menambahkan Dinas Pertanian Gianyar juga mengembangkan kegiatan pembinaan dan penumbuhan Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) kepada 42 Kelompok, Pemberian Bantuan Traktor sebanyak 6 unit, perbaikan jaringan irigasi pertanian dan desa seluas 400 Ha, pembangunan jalan usaha tani dan jalan produksi sebanyak 30 unit, serta realisasi berbagai program pemerintah Pusat dan Provinsi. Dewi Hari mengharapkan kedepannya untuk mewujudkan Gianyar Go Green dengan sisten pertanian organic maka pemberian subsidi pupuk Anorganik dari Pemkab Gianyar akan dikurangi dan digantikan dengan Subsidi Pupuk Organik.
Bupati Gianyar, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat khususnya Dirjen Prasarana Sarana Pertanian dalam membantu perbaikan infrastruktur pertanian di Kabupaten Gianyar. Pemerintah Kabupaten Gianyar selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian serta kesejahteraan petaninya. Melalui program unggulan Pemkab Gianyar, maka sejak tahun 2008 telah diserahkan subsidi pupuk dan bantuan benih padi senilai Rp. 2.977.169.600,-, tahun 2009 senilai Rp. 2.426.419.370,-, tahun 2010 senilai Rp. 1.926.360.000,- dan tahun 2011 senilai Rp. 3.992.695.00,-. Dengan peningkatan hasil pertanian yang signifikan, Kabupaten Gianyar telah berhasil mendapatkan Penghargaan Ketahanan Pangan dari Presiden RI.
Dirjen Prasarana Sarana Pertanian, Dr. Ir. Gatot Irianto, M.S. menyampaikan apresiasi kepada Bupati Gianyar beserta jajaran Dinas Pertanian yang telah menjalankan Program Subsidi Pupuk dan Benih Padi untuk petani. pemberian subsidi sangat tepat karena akan meningkatkan masa tanam yang pada akhirnya meningkatkan hasil panen. Gatot Irianto juga memberikan apresiasi kepada Petani Gianyar yang telah berhasil menemukan sekaligus mengaplikasikan alat Tabela. Tabela dapat menjadi jawaban atas kesulitan petani dalam mencari tenaga penanam padi. Kedepannya alat ini dapat disempurnakan lagi sehingga mampu menyebar benih seluas 1 Ha dalam 5 jam.(Humas Gianyar)
Post a Comment